Jumat, 03 Agustus 2012

ciri-ciri remaja islam sukses dunia akhirat

              ciri-ciri remaja islam sukses dunia akhirat


Setiap remaja muslim tentunya ingin melewati masa remajanya dengan penuh kesuksesan baik di dunia maupun sukses di akhirat. Namun untuk mencapainya perlu kesabaran, perlu banyak ilmu dan perlu dukungan dari berbagai fihak selain dirinya sendiri terutama dukungan dari lingkungannya.

Pada masa remaja dorongan terhadap hal−hal yang negatif sangatlah besar, seperti sifat ingin membangkang,angkuh, gelisah, resah, emosional, senang menyendiri, ketertarikan terhadap lawan jenis yang berlebihan dll.

Untuk mengendalikan perasaan− perasaan negatif tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya :

1. Isilah masa remaja dengan berbagai aktifitas yang positif.

Ingat masa remaja hanya dialami satu kali seumur hidup. Kembangkan bakat anda dengan mengikuti berbagai kegiatan yang cocok dengan minat dan kemampuan anda. Banyak kegiatan yang bisa diikuti, seperti Olah Raga, Pramuka, PMR, Pecinta Alam, Remaja Mesjid, berbagai keterampilan dan lain−lain.

Hal ini akan mengurangi kecenderungan kita terhadap hal−hal yang negatif dengan catatan setiap aktifitas apapun yang kita lakukan tidak menyimpang dari aturan islam.

2. Sering bergaul dengan orang−orang yang bisa saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran.

Dalam bergaul kita harus pandai memisahkan mana yang jadi teman biasa dan mana yang pantas jadi teman dekat (sahabat). Ingatlah teman dekat kita mencerminkan siapa diri kita sebenarnya.

3. Galilah ilmu sebanyak−banyaknya

Disaat kita mencari jati diri, perlu banyak ilmu yang bisa membantu menemukan jati diri kita. Dengan ilmu kita akan semakin tahu siapa kita sebenarnya, untuk apa kita hidup, apa kemampuan yang kita miliki, bagaimana kita bila dibandingkan dengan orang lain, mengapa kita seperti ini... Ilmu ini bisa kita peroleh dari buku, internet, majalah, televisi, pengalaman, pergaulan dan komunikasi dengan orang yang lebih berpengalaman dalam hal ini seperti orang tua atau orang yang lebih tua, guru, ulama.

4. Bersyukurlah dengan apa yang Allah tetapkan pada diri kita

Setelah kita mengenali diri kita dengan segala kekurangan dan kelebihannya, bersyukurlah kepada Allah yang Maha Tahu apa yang terbaik untuk kita. Yakinlah bahwa tak ada yang sia−sia apapun yang Allah tetapkan pada diri kita, semua sudah terukur sesuai dengan kemampuan kita dan semua untuk kebaikan kita.

5. Dekatlah selalu pada Allah

Allah sangat menghargai para remaja yang mengabdikan hidupnya hanya di jalanNya, dengan memberikan naungan pada hari kiamat dimana tiada naungan kecuali hanya naunganNya., seperti sabda Rosulullah SAW :

“ Ada tujuh kelompok yang akan memperoleh naungan Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naunganNya, yaitu : Pemimpin yang adil, Pemuda yang giat beribadah, Seorang yang hatinya selalu digantungkan dengan masjid, Dua orang yang saling mencintai karena Alloh, keduanya berkumpul dan berpisah karena Alloh, Seorang laki−laki yang diajak oleh seorang perempuan bangsawan yang cantik, lalu berkata ‘sesungguhnya aku takut kepada Alloh’, Seorang yang memberikan sedekah lalu disembunyikan sampai – sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya, Seorang yang berdzikir kepada Alloh di tempat yang sunyi kemudian kedua matanya bercucuran air mata (HR Bukhori dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar